Minggu, 14 April 2013

Pandangan Musik Metal (underground) di Masyrakat

    Masih banyak yang menganggap music underground itu hanya musik awur awuran, hanya asal triak, sesat, ngga punya masa depan,pembuat onar/kekerasan . atau apalah yang menurut mereka bahwa musik undareground itu negatif di mata mereka.

Tapi disini saya akan mengulas tentang sisi positif dari musik underground. yang hanya sebagian orang yang tau dan sadar akan itu.







''Musik underground itu hanya musik awur awuran, hanya asal triak''

   mereka tidak asal triak dan awur awuran, perlu teknik tinggi untuk mempunyai suara growl.scream,exhale.inhale,pigsquale,slamming. dan semua orang belum tentu memiliki talenta itu, dan saya pernah melihat di sebuah acara TV. grub band five minute memberikan fariasi scream di lagu mereka saat mereka berada di atas panggung, (apakah ini pertanda baik :D )
   Mereka tidak asal asalan dalam memainkan sebuah alat, mereka bermain penuh dengan feel, contohnya pada drumm (karna saya seorang drummer :D) banyak teknik yang sulit untuk memainkan sebuah drum di music underground, double bass yang cepat, hell toe seperti yang dilakukan chris adler - drummer lamb of god, double stroke. single stoke. blasting, roll, mereka memainkanya tidak sembarangan, butuh kedisiplinan dan latihan yang rutin untuk bisa melakukanya, bahkan butuh bertahun tahun untuk bisa menjadi seperti joey jordison ataupun mike portnoy, hahaha.

"sesat''
  memang banyak band underground yang memaka
i lambang yang tak lazim di cover album mereka, kebanyakan ada di aliran black metal. tapi sebagian besar mereka menggunakan lambang yang tak lazim itu hanya untuk sebuah ''lambang'' bukan berarti menuhankannya. grub band tengkorak asal indonesia, mereka bermain music metal sebagai jihad, (itu aja yang saya tau :D),
tapi ada juga yang emang benar sesat, hehe. tapi kita sebagai pendengar musik underground, kita cukup menilai dari segi teknik mereka yang luar biasa, yang mungkin tidak bisa dimainkan oleh semua orang,

"ngga punya masa depan''
  bukan tentang masa depan ataupun kesuksesan yang sebenarnya mereka cari, tapi bagaimana mereka tulus untuk memainkan sebuah musik,dan menerima apapun keadaan mereka, ''kebersamaan, saling membantu,saling menghargai'' itulah tujuan mereka, Tapi ada juga yang sebagian dari mereka sukses dan terkenal dan banyak juga yang terkenal di luar negri, burgerkill,deadsquad,dead vhomit,siksa kubur, jasad, dan masih banyak lagi band indie yang sukses dan menjadi salah satu band eksis sampai sekarang.
bahkan saat ini banyak band yang berani tampil lebih beda di acara TV, memberikan nuansa metal di acara TV, contohnya saat di radio show.

''pembuat onar dan kekerasan''
  tanggapan tentang itu sama sekali salah dan tidak benar, mereka memang menari dengan pukulan tendangan, headbang, moshing, circle pit, wall of death, tapi mereka hanya meluapkan sebuah kegembiraan dan spirit mereka, meluangkan waktu dari kesibukan mereka, bersenang senang, tapi disisi lain, mereka saling membantu,dan saling mengerti, contohnya : pada saat mereka menari bahkan moshing ( menjatuhkan diri dari atas penonton lain dengan terlentang), pada saat ada seorang metalhead terjatuh, mereka yang lain akan cepat cepat menolong dan membantu mereka untuk berdiri kembali, pada saat ada yang terkena pukulan ataupun tendangan, mereka akan bersalaman, dan jika ada perkelahian diantara metalhead, metalhead yang lain akan marah dan mengusir metalhead yang berkelahi tersebut untuk keluar dari acara. bahkan mereka tidak canggung untuk memberikan kata kata pedas bagi para metalhead yang berkelahi.
di setiap acara underground, pasti selalu ada break maghrib, mereka tetap menghormati norma norma yang ada, saat break maghrib, mereka secara bersamaan akan berhenti untuk menunaikan sholat.
mereka membuat acara untuk membantu para korban bencana, contohnya saat gunung merapi di jogjakarta.


       ITULAH sikap positif dari mereka, penuh teknik,feel,fenomenal, konstistensi yang tinggi,cinta damai, saling membantu satu sama lain, dan menghormati norma dan agama.

''hati mereka memang gelap, tapi mereka masih punya kasih sayang, hati mereka memang keras , tapi mereka masih bisa merasakan tangis, dan mereka percaya, bahwa mereka adalah sepercik ciptaan indah dari sang pencipta''

tapi itu semua kembali ke diri kalian masing masing, jalan hidup akan anda tentukan sendiri dan semua aliran musik adalah sebuah karya, karna semua ini hanyalah sebagian kecil karya tuhaan,

perbedaan bukan alasan kita untuk saling bermusuhan,tapi sebagai alasan kita untuk menghargai perbedaan itu.